Tuesday, April 19, 2011

Lomba2 Terbaru

Tahun Ke 6
Lomba Menulis Fiksi Paling Bergengsi
LMCR
KEMBALI MENGUNDANG ANDA UNTUK BERPRESTASI
Raih Hadiah Total Rp 95 Juta
ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Syarat-Syarat Lomba
1. Lomba ini terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori A), SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh Indonesia atau mereka yang sedang studi/bertugas di luar negeri
2. Lomba dibuka 21 April 2011 dan ditutup 21 September 2011 (stempel pos)
3. Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek serta aneka rona kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, kekecewaan, harapan, kegagalan, cita-cita, persahabatan, pengalaman unik, petulangan maupun perjuangan hidup)
4. Judul bebas, tetapi mengacu pada tema Butir 3
5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul. Judul boleh menggunakan bahasa asing
6. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan indah (literer). Bahasa daerah, bahasa prokem, bahasa gaul dan bahasa asing boleh digunakan untuk dialog (bukan narasi)
7. Naskah yang dilombakan harus asli, bukan jiplakan dan belum pernah dipublikasikan
8. Ketentuan naskah:
1. Ditulis di atas kertas ukuran kuarto atau A-4, ditik berjarak spasi 1,5 spasi, huruf 12 font Times New Roman, margin kiri-kanan rata maksimal 3Cm
2. Panjang naskah 6 (enam) – 10 (sepuluh) halaman, diprint 3 (tiga) rangkap (copy) disertai file dalam CD
3. Naskah disertai sinopsis, biodata singkat pengarang dan foto dalam pose bebas ukuran postcard. Lampiran lainnya: Fotocopy KTP/SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa dan Kartu Keluarga (pilih salah satu)
4. Setiap judul naskah yang dilombakan wajib dilampiri 1 (satu) kemasan LIP ICE jenis atau saja atau segel SELSUN jenis apa saja
5. Naskah yang dilombakan beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup, cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2011 sesuai dengan kategorinya pada bagian kanan atas amplop
6. Naskah dan persyaratan (Butir e) dikirim ke alamat:
Panitia LMCR-2011 ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City
Bogor 16810 – Jawa Barat
1. Hasil lomba diumumkan 15 Oktober 2011 melalui website: www.rayakultura.net dan www.rohto.co.id
2. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
3. Naskah yang masuk ke Kotak Pos Panitia LMCR-2011 menjadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya
4. Informasi lebih lanjut silakan e-mail ke: lmcr.kelima@gmail.com
Hasil Lomba dan Hadiah Untuk Para Pemenang
Pajak hadiah para pemenang ditanggung PT ROHTO Laboratories Indonesia
Kategori A (Pelajar SLTP)
• Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
• Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 15 (lima belas) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) Unit TV
Kategori B (Pelajar SLTA)
• Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
• Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 5 (lima) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 15 (lima belas) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 50 (lima puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1(satu) Unit TV
Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)
• Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN AWARD
• Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 20 (dua puluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dariPT ROHTO + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
• 200 (dua ratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM
Seluruh pemenang mendapat Antologi LMCR-2011 dan Buku TELAGA INSPIRASI MENULIS FIKSI karya Naning Pranoto
Info :
http://www.rayakultura.net/2011/04/lmcr-ke-6-tahun-2011-lomba-menulis-fiksi-paling-bergengsi/


Lomba Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang RI-Maroko
by Info Lomba dan Peluang Menulis on Wednesday, April 13, 2011 at 7:43pm


PENDAHULUAN

Hubungan diplomatik yang romantis nan mesra serta menguntungkan antara bangsa-bangsa di dunia, pada masa kini dan jangka panjang menjadi kebutuhan pokok yang dipandang sangat penting dalam menempa kemajuan pembangunan sebuah negara. Tidak bisa tidak lagi, sebuah negara menutup diri dari segala pengaruh dan kemajuan dunia Internasional.
Bercermin dari berbagai tragedi berdarah berupa pergolakan yang terjadi di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang terjadi sejak awal tahun 2011 ini telah mengundang keprihatinan mendalam dari berbagai kalangan. Pertikaian politik dan kontra militer yang menimpa Libya, Mesir, Yaman, Tunisia dan Negara lainnya, secara geopolitik ikut andil dalam memperburuk hubungan diplomasi bagi negara-negara di dunia. Dengan dalih pembenar manapun dan apapun, peperangan dan pertikaian hanya mengakibatkan jatuhnya korban nyawa bagi rakyat sipil dan juga pihak militer. Dampak parah dari peperangan, bahkan lebih kompleks lagi.
Di samping telah melanggar HAM, pun menimbulkan kerusakan dan punahnya fasilitas publik, matinya roda pemerintahan dan aktivitas normal peradaban manusia. Aspek-aspek kebudayaan dan kesenian yang dimiliki sebuah bangsa juga bisa punah akibat terjadinya konflik-konflik tersebut. Pada saat bersamaan, perekonomian dunia menjadi kacau, rakyat di berbagai negara menjadi semakin menderita, anak-anak menjadi yatim-piatu dan tidak terurus baik pendidikan maupun pertumbuhannya. Yang menikmati keuntungan dari adanya peperangan, mungkin hanya segelintir pihak (personal, kelompok maupun negara). Yakni negara-negara maju pengekspor senjata-senjata militer dan pesawat tempur.
Berangkat dari multiperspektif tersebut, menjadi sangat urgentif dan topikal, bagi bangsa ini menggagas sebuah konsep acara menarik yang bisa melibatkan banyak kalangan ikut terlibat dalam menciptakan atmosfer kehidupan yang relevan bagi hubungan bagus antar bangsa-bangsa. Berpangkal tolak dari elan dan spirit mulia itulah, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), sebuah lembaga independen tingkat nasional dan internasional yang bergerak dalam bidang jurnalistme warga (citizen journalism) dan berbagai sektor kehidupan kemasyarakatan dan kebangsaan, dengan menjalin kerjasama dengan Kedutaan Besar Maroko di Indonesia; bermaksud menggulirkan sebuah kompetisi nasional bertajuk "Lomba Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang RI-Maroko".

PERSYARATAN LOMBA
1. Terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa kecuali, domisili di dalam negeri maupun di luar negeri, bersifat perorangan, yang dibagi dalam 2 (dua) kelompok lomba: SISWA SLTP/SLTA dan MAHASISWA.
2.Mendaftarakan diri menjadi Pewarta Warga di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) pada situs www.pewarta- indonesia. com. Bagi yang belum terdaftar silahkan klik DI SINI untuk mendaftarkan diri.
3. Tema artikel : "Hubungan Persahabatan RI-Maroko: Dulu, Kini dan Besok". Judul bebas. Isi artikel dapat berkaitan dengan berbagai dimensi, seperti sosial-budaya, pendidikan, sejarah, masyarakat, ekonomi, politik, pertahanan-keamanan , peran di dunia internasional, dan sebagainya.
4. Setiap peserta lomba boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Tulisan asli (orisinil) bukan saduran, ditulis dalam bahasa populer, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. Kutipan diperbolehkan tidak lebih dari 20% dan wajib mencantumkan sumber referensinya.
5. Naskah diketik dengan jenis huruf Time News Roman (TNR), ukuran 12, spasi 1, dengan panjang artikel populer antara 800 s/d 1.200 kata saja.
6. Pada akhir tulisan dicantumkan identitas lengkap penulis meliputi nama, tempat/tanggal lahir, nama sekolah/universitas , alamat sekolah/universitas , alamat rumah, nomor telepon seluler dan/atau nomor telpon rumah (bila ada), alamat e-mail, dan akun facebook atau friendster atau lainnya.
7. Pengiriman naskah artikel hanya dapat diterima Panitia melalui surat elektronik (e-mail) saja ke : panitia.lomba@ pewarta-indonesi a.com This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it dan/atau panitia.ppwi@ gmail.comThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it . Panitia tidak melayani penerimaan naskah dan surat-menyurat secara konvensional (kantor pos atau jasa pengiriman lainnya). Bagi yang tidak memiliki email dan/atau akses internet, dapat menitipkan kepada orang lain dengan tetap mencantumkan identitas diri penulis.
8. Seluruh naskah lomba harus disertai kartu identitas siswa/mahasiswa (atau surat keterangan siswa/mahasiswa dari sekolah/kampus) dan sudah diterima Panitia antara tanggal 1 April s/d 30 Juni 2011 (Pukul 24.00 WIB).
9. Penjurian akan dilakukan dari tanggal 1 Juli sampai 18 Juli 2011, sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 20 Juli 2011.

DEWAN JURI DAN KETERANGAN LAINNYA
1. Juri lomba adalah WILSON LALENGKE, S.Pd, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI), TEGUH SANTOSA, MA (Ketua Umum Sahabat Maroko), Imam Suwandi, S.Sos (Penulis, Editor Senior MetroTV), DAMHURI MUHAMMAD (Esais, Cerpenis, Kritikus), DIANING WIDYA YUDHISTIRA (Novelis), SUPADIYANTO, S.Sos.I (Editor dan Kolumnis berbagai media cetak lokal dan nasional), dan MUHAMMAD SUBHAN (Jurnalis dan Novelis).
2. Keputusan Dewan Juri adalah absolut (mutlak) dan tak bisa diganggu gugat.
3. Seluruh naskah yang dikirimkan ke pihak panitia akan dipublikasikan segera di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) di situs: http://www.pewarta/- indonesia. com atas nama akun penulis. Hak publikasi dan penggunaan artikel untuk kepentingan kemanusiaan, pendidikan, persahabatan, dan sosial budaya menjadi milik PPWI Nasional.
4. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 30 Juli 2011 bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Kerajaan Maroko, di Jakarta. Pemenang I, II, III diundang ke Jakarta oleh dan atas biaya Kedubes Maroko bagi pemenang yang domisili di dalam negeri (Pemenang yang berdomisili di luar negeri saat penyerahan hadiah hanya akan dikirimkan ke alamat yang diinginkan pemenang).

HADIAH DAN PENGHARGAAN

1. Tropi Juara I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Laptop +
Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang I.
2. Tropi Juara II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera
Professional + Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang II.
3. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera Digital + Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang III.
4. Tropi Juara Harapan I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 1.000.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan I.
5. Tropi Juara Harapan II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 750.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan II.
6. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 500.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan III.
7. Sebanyak 111 (seratus sebelas) naskah terbaik akan dipublikasikan dalam bentuk buku oleh pihak Kedutaan Besar Maroko. Tulisan yang tidak terpilih akan dicantumkan judul tulisan bersama penulisnya di daftar lampiran.
8. Sebagai apresiasi positif, seluruh peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan (dalam bentuk soft-copy) dari PPWI Nasional dan Kedubes Maroko di Jakarta.

PENUTUP

Nah inilah kesempatan emas untuk membuktikan kepedulian Anda dalam ikut andil menciptakan hubungan siklikal yang apik antara RI-Maroko, dan jika Anda beruntung bakal mendapatkan hadiah-hadiah menarik di atas!
Alamat Sekretariat Panitia Lomba (PPWI): Jl. Danau Diatas No. 94 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 10210, Phone 021-5705101, Fax 021-5742554 dan/atau Jl. Anggrek Cendrawasih X, Blok K No. 27B, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat 11840. Call/SMS Center: 081380162929 (Popi Rahim), 081371051875 (Wina). e-mail: panitia.lomba@ pewarta-indonesi a.com This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it dan panitia.ppwi@ gmail.comThis e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it .

Jakarta, 05 Maret 2011
a/n Pengurus PPWI Nasional
Pantitia Lomba,
Popi


LOMBA MENULIS ARTIKEL 2011

by Info Lomba dan Peluang Menulis on Sunday, April 3, 2011 at 10:00am


LOMBA INI GRATIS DAN TERBUKA UNTUK PELAJAR, MAHASISWA dan UMUM


PALING LAMBAT: 17 AGUSTUS 2011


TEMA LOMBA: "KONSEP PEMIKIRAN BAGI PEMBANGUNAN BANGSA YANG BERKARAKTER"


TOPIK:
• Konsep Pembangunan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan
• Konsep Pembangunan Pendidikan yang Berkarakter
• Konsep Pembangunan Daerah yang Merata
• Konsep Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia
• Konsep Pembangunan Demokrasi yang Berkarakter
• Konsep Menanamkan Semangat Nasionalisme bagi Pemuda

SYARAT PENULISAN:

1. Masing-masing peserta HANYA boleh mengirim 1 ARTIKEL yang sesuai dengan TEMA dan memilih salah satu TOPIK di atas.
2. ARTIKEL belum pernah dimuat di koran, majalah, blog, Facebook, Twitter atau media online lainnya.
3. Jumlah 4-6 halaman, spasi ganda (2), jenis huruf Times New Roman font 12, ukuran kerta A4.
4. Margin (garis): atas, bawah, samping kiri dan kanan (semua sisi 3 cm atau 1,18 inci).
5. Mencantumkan Nomor ANGGOTA SMAO WRITING REVOLUTION dalam biodata (jika tidak ada, karya dinyatakan HANGUS), yang ditulis pada halaman akhir naskahARTIKEL.
6. Kirim naskah ARTIKEL ke alamat email: LombaArtikelWR@gmail.com (dengan menulis di subjek email: LOMBA MENULIS ARTIKEL 2011)
KRITERIA PENILAIAN
1. Kesesuaian dengan TEMA.
2. Kreativitas pengolahan ide
3. Solusi yang konkrit.
4. Kaidah penulisan dan kelengkapan naskah


HADIAH
• Juara I : Rp 1.000.000,- (ditambah sertifikat penghargaan)
• Juara II : Rp 750.00,- (ditambah sertifikat penghargaan)
• Juara III : Rp 500.00,- (ditambah sertifikat penghargaan)
• 3 Juara Harapan @ Rp 150.00,-
KETENTUAN KHUSUS:

WAJIB terdaftar sebagai PESERTA KELAS MENULIS CERPEN ONLINE (info lebih lanjut klik di sini: SEKOLAH MENULIS ARTIKEL ONLINE (SMAO)


KETENTUAN MENGIKAT
1. Keputusan DEWAN JURI tidak bisa diganggu gugat.
2. Panitia tidak MELAYANI SURAT-MENYURAT.
3. DEWAN JURI berhak membatalkan keputusannya, jika di kemudian hari diketahui karya pemenang lomba melanggar karya cipta orang lain (plagiat)atau mengikuti lomba sejenis atau telah dimuat di koran/majalah.
4. HAK CIPTA tetap ada pada penulis, sedangkan PANITIA memiliki HAK untuk MEMPUBLIKASIKANNYA.
Info Lengkap klik: http://menulisdahsyat.blogspot.com/2011/04/lomba-menulis-artikel-2011.html#more
NOMOR KONTAK:
• 085763208009
• 083187544269

1 comment: