Thursday, April 29, 2010

Refleksi 20 tahun kelahiran seorang anak muda

Refleksi 20 tahun kelahiran seorang anak muda
 
30 april 1990 adalah hari bersejarah bagi ku, dan orang tuaku. Saat itu pula orang tua ku amat bahagia dengan lahirnya seorang anak perempuan yang dititipkan Tuhan untuk mereka kasihi dengan penuh cinta. Seorang anak perempuan yang menjadi harapan besar orang tua kelak jika dia sudah beranjak dewasa.
Kini anak perempuan itu sudah beranjak dewasa, bahkan sudah hampir mencapai kematangan dari segi fisik maupun fikir. Wajar saja, kini usianya sudah berkepala dua. Usia yang saya fikir bukan lagi saatnya untuk bermain-main dan bermanja-manja. Bukan lagi hal yang mustahil dia harus mampu menjadikan keberadaannya dimuka bumi ini memiliki kebermanfaatan bagi sekitarnya..
Berangkat dari kesadaran usia yang tidak lagi remaja bahkan kanak-kanak, kini anak muda itu tengah bergegas untuk mulai sadar bahwa dia harus bersungguh-sungguh mengabdikan dirinya untuk agama dan bangsanya. Rasanya usia yang tak lagi remaja, anak muda ini belum merasakan adanya kontribusi nyata yang dia berikan kepada masyarakat. Belum ada karya monumental yang mampu dia hasilkan, belum ada suatu hal yang dia lakukan yang kelak akan mampu menjadi warisan sejarah peradaban yang mampu dia goreskan. Seperti syekh hasan al banna di usianya yang masih muda beliau telah mampu menggugah hati insan bernurani lewat kumpulan tulisan-tulisannya yang penuh makna, ataupun seorang faiz kecil yang telah mampu menelurkan berbagai karya diusianya yang masih belia.
Hem..., alangkah malunya anak muda ini yang belum menghasilkan apa-apa.  
Semoga anak muda ini segera bergegas untuk menyadarkan dirinya untuk mulai melakukan sesuatu. Sesuatu yang kecil tapi kontinu, tapi juga tak boleh terlalu lambat. Semoga anak muda ini selalu mengupgrade kapasitas dirinya agar nantinya tak hanya lagi mampu menjadi seorang agent of change (sebagaimana fungsinya menjadi seorang mahasiswa) tapi mampu menjadikan dirinya sebagai direct of change.
                                                                                                    
                                                                                                      Ditulis ditengah temaram lampu kamar
                                                                                                                Al barokah, 30 April 2010
                                                                                                                             At 3am

No comments:

Post a Comment