Tuesday, February 22, 2011

30 Coment Terpilih yang bakal mejeng di Antologi SSUN ^_^

Bismillahirrohmanirrohim...

Inilah ke 30 Peserta terpilih yang commentnya akan ikut menjadi bagian dari calon buku Antologi “ Kisah Serba – Serbi Ujian Nasional”

1.      Januar Hand
2.      Arya Rizki Darmawan
3.      El Fasya
7.      Vudu Blues Prakerta
8.      Aini Nur Latifah
9.      Bunda Haifa
16.  Up's Lail
21.  Ratna Dw
Mari kita dengarkan apa kata mereka tentang Ujian Nasional
Pendapat, kesan, harapan, kesah, mereka curahkan sepenuhnya di sini :
23. Januar Hand
Ujian Nasional Menurut Saya Adalah Eksekusi Mati Bagi Perjalanan Pendidikan, Jika Tidak Siap Maka Matilah Semua Mimpi Dan Masa Depan Selanjutnya. Tapi Jika Mereka Siap Maka Berlanjutlah Masa Depan Pendidikan Mereka Lengkap Dengan Eksekusi-Eksekusi Yang Lebih Sulit.
8. Arya Rizki Darmawan
Pendapat Saya Mengenai Ujian Nasional Adalah Salah Satu Penentu Kelulusan Seorang Siswa Dan Jadi Pemetaan Mutu Program Secara Nasional. Ujian Nasional Juga Sebagai Pintu Masuk Untuk Pembinaan Dan Perbaikan Mutu Pendidikan. Selain Itu Diharapkan Dengan Diadakan Ujian Nasional Ini Para Siswa Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Sehingga Mendorong Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Di Indonesia.
Pendapat Saya Mengenai Ujian Nasional
Ujian Nasional Memiliki Hikmah Tersendiri Bagi Kami.
Kebersamaan Kami Jadi Makin Kuat, Kami Membuat Resume Bersama, Belajar Bersama (Tambal Sulam Kekurangan Dengan Metode Guru Sebaya) Dan Saling Mengingatkan Untuk Mendekatkan Diri Pada Allah. Semuanya Sangat Berkesan. Aku Menyayangi Kalian Teman-Tem...Anku.

Ya Allah Mudahkanlah Kami, Jadikanlah Indah Pada Waktunya Untuk Kami Semua. Amiin..
15. Monita Dea Etika Sari
Un Seringkali Dianggap Para Siswa Musuh Karena Di Anggap Dapat Mempertaruhkan Masa Depan. Bahkan Perjuangan Selama Tiga Tahun, Bisa Di Runtuhkan Oleh Pengorbanan Slama +_ 3 Hari.Bila Berhasil Senyum Setengah Sabit Terukir Indah , Jika Gagal Akan Tercipta Sungai Kecil Dipelupuk Mata.
Anggaplah Un Bukan Lawan, Tetapi Sebagai Kawan Yang I...Ngin Memacu Potensi Diri.
Yakinlah Tawakal, Doa Dan Ikhtiar Semua Akan Ada Hasilnya.
24. Muhammad Isaac Briant As
Menurut Pendapat Saya ” Pro Dan Kontra Terhadap Un Tidak Perlu Terjadi Tiap Tahunnya, Kalau Semua Pihak Bisa Memahami Hakekat Un Secara Proporsional.Depdiknas Harus Bisa Membuat Batu Loncatan Program Unggulan Yang Dapat Membuat Siswa Dan Guru Berfikir Realistis Dalam Menghadapi Un Sehingga Tidak Pernah Ada Rasa Ketakutan, Khawatir Bahkan Stress Dalam Hadapi Uan
48. Ellys 'Shinta' Safitri
Pendapat saya,, Sebenarnya baik dilakukan ujian scra standar se nasional guna menyeragamkan standar..
Utk lebih meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya
Tapi,, kurang bijak bila kita bandingkan desa terpencil yang untuk mencapai sekolah saja harus menyebrangi sungai disamakan dg prasarana yg minim dsma ratakan dg skolah d kota dg smua... fasilitas yg ada..
66. Vudu Blues Prakerta
Pendapat saya mengenai Ujian Nasional : Ujian nasional adalah salahsatu target yang harus dilewati siswa untuk mencapai kurikulum yang ditetapkan dinas pendidikan pusat, daerah, dan sekolah. Tentu tidak fair jika kompetensi siswa dinilai dari hasil ujian nasional saja. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk dapat menyempurnakan penilaian kompetensi siswa setelah melewati pembelajaran di kelas. Maju Indonesia!
61. Aini Nur Latifah
Ujian Nasional slalu mnjadi perbincangan setiap tahun di kalangan pendidikan, ajang menakutkan dn menciptakan kegundahan bagi Jutaan pelajar di Indonesia. Tapi semua itu akan percuma jika tak ada tindakan. dengan usaha giat belajar yang kita lakukan dan di iringi Doa yg senantiasa kita panjatkan pada Tuhan, pastinya dgn kjujuran bkn krna kcurangan insya allah kita akan lulus dgn nilai yg mmuaskan, terus melaju meraih impian dengan senyuman. :)
58. Bunda Haifa
sebagai mantan guru, UN itu merepotkan sekali dan sering kali menimbulkan pertentangan batin di hati guru yang berusaha jujur karena ada saja praktek-praktek manipulasi agar siswa lulus bahkan saya pernah disodori amplop ketika menjadi pengawas UN tetapi saya menolak .
2.Diba Azzukhruf
Un Itu Sebuah Fenomena Yang Penuh Dengan Ajang Perang Ketakutan Siswa, Ajang Kejujuran, Ajang Kecurangan, Ajang Untuk Bersabar, Ajang Untuk Menghadapi Sebuah Kenyataan Bahwa Kita Harus Memilih. Menjadi Pecundang Atau Pemenang!
4.Mukhanif Yasin Yusuf
Un Menurut Saya Justru Membelenggu Kreatifitas Siswa, Sejalan Dengan Kurikulum Pendidikan Yang Lebih Mengedepankan Teori Dibandingkan Usaha Mengembangkan Bakat Dan Kreatifitas. .
Lbih Tragis Lagi, Banyak Yang Menganggap Keberhasilan Sebuah Sekolah/Lembaga Pndidikan Diukur Dari Nilai Yang Dicapai Dlm Un, Jadilah Sekolah Lebih Dominan Di...Pengaruhi Faktor Pragmatis Semata.
28. Dewi Hapsari
pendapat saya mengenai Ujian Nasional adalah : UN sebagai tahap evaluasi akhir bagi pelajar selama 3 tahun dalam menempuh pendiidikan bukan berarti sebagai nilai akhir dari kualitas pelajar karena kualitas pelajar dapat dilihat dari pelajaran seharinya, UN diadakan karena merupakan gerbang menuju tantangan yang lebih berat lagi dan juga melatih pelajar untuk mempunyai sikap yang disiplin dalam menghadapi UN tanpa harus ada kecurangan di setiap sektornya
32. Aura Aurora
Kejujuran, inilah kunci utama suksesnya ujian nasional. Baik dari pihak pendidik ataupun anak didik, seharusnya bisa menerapkan hal ini. Dan juga tak perlu lagi berbagai pihak memperdebatkan ujian nasional, karena semua itu hanya akan membuat peserta UN tidak bisa berfikir jernih. Memberikan semangat untuk belajar, itu yang terpenting.
34. Fauziah Harsyah Zye
Pendapat saya mengenai Ujian Nasional: UN sebagai evalusi sekolah akan kinerja pendidik. Dan,sebagai wadah melihat bagaimana prestasi siswa selama 6 tahun SD, 3 tahun SMP, dan 3 tahun SMA. Tetapi,evaluasi akan terlihat di batas mana jika UN dilakukan dengan murni.UN tidaklah pantas dijadikan pedoman kelulusan karena yang tahu kapasitas siswa adalah pihak sekolah bukan pemerintah.
36. Yully Riswati
Pendapat saya mengenai Ujian Nasional hanya ujian akhir dalam suatu sistem pembelajaran tetapi bukan ujian akhir dari segala-galanya. Karena itu untuk semua siswa yang mengikutinya harus semaximal mungkin berusaha mengerjakan yang terbaik dan bersiap untuk menerima yang terburuk. Jangan jadikan Ujian Nasional sebagai momok yang menakutkan dan tetap semangat belajar.
37. Up's Lail
Pendapat saya mengenai Ujian Nasional :
Saat yang paling menegangkan sekaligus tertampar kenyataan untuk selalu melanjutkan perjuangan. Jangan sampai masa sekolah selama ini sia – sia. Optimis, semangat dan selalu berdo’a. Masalah usaha untuk pencapaian standar kelulusan, gunakan jalan yang baik dan jangan menyalahkan sistem. Karena h...al itu ditujukan untuk memacu peningkatan mutu pendidikan Indonesia.
40. Mieny Angel
Pendapat Saya mengenai ujian nasional itu bukanlah tolak ukur yang pas untuk menentukan seseorang lulus atau tidak. Harusnya seseorang dinyatakan lulus, tidak hanya lewat ujian nasional saja, tapi hendaknya dilihat dari perkembangan harian. Ujian nasional kadang hanya menjadi momok yang menakutkan, sebab kenapa 3 tahun hanya ditentukan lewat sehari saja?
42. TeLaga Mega Cynthia
Ujian Nasional bagiku: sebuah realita evaluasi pembelajaran yang penuh dengan hitam dan putih, pro dan kontra,karena kadang banyak ketidak jujuran dalam berlangsungnya ujian ini namun apabila sedari awal para pendidik menanamkan pembelajaran yang tidak hanya berbasis kuantitatif tapi juga kualitatif maka perjalanan ujian ini pasti akan berlangsung dengan baik dan seimbang. seperti yang diharapkan. mencerdaskan generasi bangsa.
47. Yuliana Indriani
Pendapat saya mengenai ujian nasional.Tidak ada yang salah dengan Ujian Nasional. Karena yang salah bukan ujiannya, tetapi bagaimana sistem dan proses pemebelajarannya. Bila sistem dan proses pembelajaran sudah baik, ujian nasional hanya berupa ujian kecil diujung proses. Jadi mari memperbaiki sistem dan proses, agar apapun bentuk ujiannya bisa dilewati dengan baik :)
59. Rezela Septiani
Pendapat saya tentang UN :
.hanya membuat saya takut. .dEg_dEgan. . .strez. . .membuat kEpala saya makin cenat_cenuT. .tapi saya yakin SAYA PASTI BISA ,!!!!!!!!
Doakan saya biar luluz y. .
TrimakasiH
50. Ratna Dw
Pendapat saya mengenai UN : sistem ujian yang hanya mengedepankan IQ tanpa mempertimbangkan aspek intelegensi lainnya hanya akan menghasilkan intelektual yang hanya jago kandang dan tak siap menghadapi dunia luar
21. Inggar Ash
Pendapat Saya Mengenai Ujian Nasional : Un Adalah Marginalisasi Pendidikan, Hanya Mengunggulkan Aspek Kognitif Saja
11. Vindy Ganti-Na
Menurut Saya Mengenai Ujian Nasional Adl, Tidak Efektif. Karena 1:1000 Hari. Kelulusan Hanya Berdasar Kognitif, Benar2 Tidak Mnguntungkan Bagi Siswa Yg Aktif
65. Mamah Ghulam Itu Linda
Pendapat saya mengenai ujian nasional: Penuh dengan intrik kecurangan dan aroma ketidakjujuran, terutama UN SMU. Smoga pemerintah tidak terus menerus menutup mata dan telinga, terhadap berbagai praktik pembodohan ini. Perlu ada tindakan tegas dan nyata, agar model pendidikan tidak lagi berorientasi pada hasil dan nilai, tapi pada proses dan tangung jawab terhadap amanah, baik sebagai guru atau pelajar.
64. Endang Ssn
Pendapat saya tentang ujian nasional
Fenomena baru tolak ukur kesuksesan dunia pendidikan. Terlepas dari pro dan kontra yang mengiringinya, event ini menjadi acara tahunan yang menghadirkan panas dingin bukan hanya bagi siswa yang menjalani, tapi juga bagi para guru, dari sanalah reputasi dipertaruhkan. Berujung pada kata lulus atau t...idak lulus.
18. April May My
Menurut Pendapat Saya Un Membuat Sebagian Orang Menjadi Paranoid, Karena Hasil Belajar Di Sekolah Selama 3 Tahun Dipertaruhkan. Sehingga Ada Sebagian Orang Yg Menghalalkan Segala Cara Untuk Dapat Lulus.
16. Syari Vaqoth
Ujian Nasional? Wouww, 'Menakjubkan!'. Karena Dari Situlah Tidak Sedikit Pelajar Yang Dididik Bermental Korup. Maka Lahirlah Generasi-Generasi Pecundang Yang Takut Kalah Sebelum Berperang!
10. Anisa Sholihat
Pendapt Sya Mengenai Un
Menrut Saya Ujian Nasional Bukan Hanya Uji Kecerdasan Tapi Juga Uji Kejujuran Dan Keberanian.
27. Lisha Boneth
Pendapat saya mengenai Ujian Nasional: Pertarungan singkat untuk pembuktian kwalitas belajar yang panjang.
45. Najmi Yang Faqir Ilmu
Pendapat saya mengenai UN :
Pencapaian keberhasilan belajar bukan dilihat dari hasil akhir ujian nasional,
tetapi, pencapaian keberhasilan belajar sebenarnya adalah dari hasil proses belajar awal sampai akhir.
NOTE : terima kasih untuk seluruh peserta yang telah berpartisipasi, tetap semangad !!
Nantikan event2 menarik berikutnya,  jangan lelah untuk terus berkarya , menulis menulis dan menulis, keep writing every day  ^_^

Salam

Tri Lego
_________________________________________________________


Sekilas Info :
Pengumuman pemenang Lomba Menulis Kisah Serba Serbi Ujian Nasional insyaallah 15 Maret 2011 Naskah saat ini sedang dalam penilaian oleh dewan juri. Dalam Penjurian naskah SSUN juri tidak mengetahui pemilik naskah, sehingga penilaian event ini sangat objektif.

2 comments:

  1. Mbak Tri, aku ada di nomer 13. Hihihihi....salam karya n tetep smangaaaaaaattttttt :)

    ReplyDelete
  2. ga nyangka padahal buatnya jam 9. 1 jam lagi mnuju deadline..alhamdulilah msih d ksih kesempatan :)mksih mba....

    ReplyDelete