Thursday, March 10, 2011

Tag Note Itu Membuatku Mengenalmu Kini (Leutika)

Curcol __Tag Note Itu Membuatku Mengenalmu Kini (Leutika)___

Perkenalanku dengan Leutika terbilang cukup unik. Ketika itu aku sedang melakukan perjalanan pulang kampung. Perjalanan yang memakan waktu 5 jam (apalagi dengan bis ekonomi yang sumpek) membuatku sangat bosan. Tiba-tiba otakku terfikir dengan ponsel ericsonku yang meskipun jadul bisa ku gunakan untuk berselancar di dunia maya. Saat sudah bisa login ke akun fesbuk, sudah ada kurang lebih 40 notifikasi. Jemariku begitu asyik menelusuri setiap notifikasi yang masuk ke akun facebooku. Hingga, aku terhenti dan begitu seksama membaca note yang telah di tag-in untukku.

AUDISI PENULIS BUKU "LAGU OPICK INSPIRASIKU"
by Inggar Kammi Unj on Friday, November 12, 2010 at 9:05am
Audisi Penulis Buku
Lagu Opick Inspirasiku
Opick, penyanyi religi satu ini telah banyak menginspirasi orang untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Lirik yang mendalam, sajian lagu yang apik, membuat karya-karya Opick begitu mudah diterima dan disukai. 
Leutika, lewat event ini, mengajak teman-teman untuk menjadi satu bagian dari penyanyi inspiratif tersebut dengan cara:
  1. Tulis episode inspiratifmu bersama lagu Opick. Saat-saat di mana lagu Opick menjadi titik motivasi yang membangkitkan keterpurukanmu, seperti: saat musibah menghancurkan semangat hidup, ketika kita kehilangan kedua orang tua, ketika kondisi ekonomi tidak mendukung cita-cita, dsb).
  2. Judul lagu bebas.
  3.  Cerita harus dari pengalaman NYATA. (Boleh dari pengalaman pribadi atau orang-orang sekitar.)
  4. Tulis dalam 3-4 halaman A4 spasi 1 ½ Times New Roman 12.
  5. Teknis penulisan menggunakan kata ganti orang pertama (aku, gue, saya dsb….).
  6. Boleh menyisipkan dialog di dalam cerita.
  7. Kirim karya kamu ke email: laguopick@leutika.com dengan kelengkapan sebagai berikut:
  8. Biodata lengkap :
Nama lengkap :
Nama yg ingin dicantumkan di buku :
Alamat kirim buku :
Alamat e-mail :
Alamat FB :
No telp yg bisa dihubungi:
No rek yg masih aktif:
9.       Biodata dalam bentuk cerita/ narasi untuk keperluan penerbitan buku
10.    Posting banner dan materi lomba dalam catatan (notes) FB masing-masing, dengan menyertakan:
Kalimat ajakan untuk mengikuti lomba.
Info Hotnews Leutika. (Teks Hotnews ada di bawah materi lomba.)
Tag minimal 25 teman.
Mohon untuk meng-attach file dan tidak menaruhnya di badan email. Setiap karya yang dikirim ke selain email di atas, tidak bisa kami data dan kami anggap tidak sah.
Leutika akan memilih 30 karya terbaik untuk kemudian diterbitkan menjadi buku “Lagu Opick Inspirasiku”. Lomba ini dibuka dari 03 November 2010 hingga 30 November 2010 jam 12 malam. Pengumuman pemenang pada 10 Desember 2010 di FB Leutika Publisher dan www.leutika.com
Hadiah untuk masing2 pemenang.
1.       Royalti 10% dari harga jual buku x jumlah exp. penjualan, selama buku masih dijual (dibagi 30 pemenang)
2.       Piagam penghargaan hardcopy.
Bagi seluruh peserta akan mendapat e-piagam lewat e-mail.
3. 1 (satu) exp. buku “Lagu Opick Inspirasiku”.
Hotnews:
Pengin pesan buku yang benar-benar BEBAS ONGKOS KIRIM? Buruan ketik judul pesananmu ke nomor 0821 38 388 988 atau ke inbox FB Leutika Publisher. Berlaku untuk semua judul buku Leutika dan pengiriman ke
seluruh wilayah Indonesia cukup dengan min. pembelian Rp 50rb. 100% BEBAS ONGKOS KIRIM!!!


Aku pun begitu tertarik dengan satu event lomba ini. Terlebih ketika membaca satu kalimat ini “Bagi seluruh peserta akan mendapat e-piagam lewat e-mail”. Maklumlah, sebagai mahasiswa kependidikan, piagam rasanya sangat kami butuhkan guna untuk menambah nilai saat sertifikasi kelak (pengakuan jujur ^_*). Walaupun akhirnya, piagam itu juga tak ada pembahasan selanjutnya(rada kecewa tapi tak apa, hehe),  tapi tentunya itu bukan satu-satunya yang membuatku penasaran dan sangat tertarik mengikuti event ini.

“ Audisi Penulis Buku” benar-benar hal yang asing terdengar di telingaku maupun ejaanku. Apalagi selama ini aku tergolong kuper dalam hal tulis menulis.  Bahkan aku samasekali belum pernah mengikuti lomba tulis menulis semacam ini. Aku menjadi semakin penasaran dengan sang penyelenggara lomba yang begitu kreatif menggelar event ini. Leutika, ya itulah nama penyelenggara lomba ini. Nama yang sangat asing terdengar di telingaku saat itu. Mengurangi rasa penasaranku maka segera aku tulis keyword“Leutika Publisher” di pencarian daftar nama di fesbuk. Friendlist di akun Leutika Publisher ternyata sudah 4000 orang lebih sehingga aku kesulitan untuk add friend dan akhirnya aku harus cukup puas dengan bergabung di Leutika Publisher Fans.

Tak lama berselang, Leutika Publisher membuka akunnya yang kedua. Dengan penuh semangat aku meminta request pertemanan dengan Leutika Publisher Dua. Tak butuh waktu lama, permintaan pertemanan dariku akhirnya dikonfirmasi.
            
     Setelah searching kesana kemari aku benar-benar semakin kagum dengan Leutika yang mengusung jargon “Bukan Penerbit Buku Biasa”.
  
Leutika merupakan sebuah lini penerbitan buku di bawah Grafina Mediacipta, cv. Meskipun baru lahir 10 April 2009, Leutika memiliki visi menjadi 10 besar penerbit buku di Indonesia. Untuk mewujudkannya, misi yang dibawa Leutika adalah pertama, menerbitkan buku-buku yang berkualitas yang menunjang pengetahuan masyarakat dan selalu memberikan perspektif baru dalam setiap wacana keilmuan; kedua, mengakomodir para penulis muda berbakat yang memiliki ide serta gagasan yang baru dan menyegarkan; ketiga, memiliki jaringan distribusi ke seluruh toko buku se-Indonesia; dan keempat, bekerjasama dengan semua pihak yang memberikan nilai positif. Semua itu bisa diwujudkan karena slogan Leutika adalah Bukan Penerbit Buku Biasa.(www.leutika.com)

Di usianya yang masih sangat belia, Leutika mampu untuk membuat inovasi dan gebrakan  sangat luar biasa. Beragam event lomba menulis digelar setiap bulannya, seperti yang pernah saya ikuti yaitu GPP, WeeklyNotes, Statom, dan banyak event lainnya.

  Kini menjelang dua tahun usianya, beragam layanan kemudahan diberikan untuk seluruh Leutikans. Dan aku pun ikut menikmati manfaat dari berbagai layanan yang diberikan. Seperti SMS Leutikans (biasanya saya pakai buat pesan buku, juga nanya ini itu tentang Leutika, saat saya sedang tidak online, alhamdulillah pertanyaan2 saya bisa langsung dibalas via sms ^_^), ada juga  LRS (Leutika Reading Society) tempat diskusi buku-buku terbitan Leutika, (bukunya dikirim langsung loh dari Leutika, gratis...!! ) makanya gabung ya, di Lampung juga sudah ada lho, LRS Chapter Lampung,  yang mau gabung bisa hubungi saya ya ^_* (me_muslimnegarawan@ymail.com), ada juga  SIMPEL (tempat untuk sharing dan berbagi pertanyaan seputar tulis menulis, semua pertanyaan mengenai kepenulisan akan dijawab dengan gamblang oleh adminnya), ada juga ELBE (Langganan buku, bagi yang kerepotan mau ke toko buku, bisa berlangganan buku baru Leutika di sini, cukup pesan via sms atau inbox fb dan bisa langsung sampai di depan rumah), yang mau pakai usaha bisa manfaatin layanan Gerai Leutika & MITEL, yang mau kasih kado ada Leutika Gift, yang butuh bantuan design ada LeutikaDesign TheWorld, dan berbagai layanan segar lainnya. Semua info tentang kemudahan layanan ini bisa kita intip di www.leutika.com dan note Leutika Publisher, Leutika Publisher Dua (http://www.facebook.com/profile.php?id=100001663852881)

Dan yang buat kita bener-bener ngiler, siapapun bisa nerbitin buku sendiri loh di sini, asalkan tidak mengandung SARA dan pornografi maka naskahmu akan diterbitkan. menggunakan sistem self publishing di salah satu lininya Leutika yaitu Leutika Prio (www.leutikaprio.com). Penerbit yang tidak pernah menolak naskah. (Duu... jadi pengen kan...^_^ ). Menerbitkan buku sendiri, kini bukan hanya sekedar mimpi !!!


Sungguh, lewat tag note info lomba pertama kali itu, aku benar-benar bahagia karena bisa berkenalan denganmu Leu. Juga kini aku banyak mengenal para penulis muda berbakat juga karena mengenalmu. Dan mungkin Leutika lah satu-satunya penerbit yang care dengan sahabat-sahabatnya (baca: Leutikans). Sungguh sangat salut dengan Leutika. Penganugrahan Leutikans of The Years menjadi bukti bahwa Leutika sangat care dengan penulis, pembaca dan Leutikans.


Buku-buku terbitan Leutika dan Leutika Prio pun tak kalah bagus dengan buku-buku terbitan penerbit major lainnya. Baik dari fisik desain, tata letak, layout design dll sangat detail dan apik, juga isi dari buku itu sendiri juga sangat mantab.Inspiratif dan segar.  Kendati banyak penulis muda namun hasil tulisannya terlihat seperti penulis yang memang sudah mumpuni dalam menulis buku. Baik buku solo maupun antologi.
  
    Read-Write-Inspire bagai satu tubuh yang tidak akan terpisahkan. Tiga elemen penting yang berusaha disatukan oleh Bukan Penerbit Biasa Bernama Leutika.


Bravo untukmu Leu... ^_^


By : Tri Lego Indah F N
*Koord.LRS Chapter Lampung lagi curcol pertama kali kenal Leu :)


Bandar Lampung, 8 Maret 2011
At. 10pm

No comments:

Post a Comment