Tuesday, July 6, 2010

Hargailah sebuah proses

Hargailah sebuah proses

Masih seputar ujian UAS,UTS, Quiz de el el
Sedianya ujian benar-benar menguji kompetensi dan tingkat pengetahuan seseorang terhadap materi yang telah disampaikan. Sejauh mana pemahaman mahasiswa atau pesertaujian terhadap materi yang telah diajarkan. Tapi yang terjadi adalah mahasiswa ataupun peserta ujian cenderung menggantungkan diri kepad aorang lain. Tanpa mau sedikit berusaha untuk belajar. Betapa miris ketika  seseorang  yang berusaha belajar mati-matian untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal harus mendapatkan nilai lebih kecil daripada temannya yang mencontek karena mendapat link contekan dari banyak sumber. Memang untuk menilai proses terkesan kualitatif tapi itulah penilaian yang sebenarnya bisa dijadikan sedikit referensi saat ujian berlangsung. Banyak yang saat pembelajaran sama sekali tidak mengerti tapi saat ujian mendapatkan nilai yang sangat baik. Mungkin kalau diteskan secara langsung tidak akan diperoleh hasil yang sama bagusnya. Ini bisa terjadi karena pengawasan yang kurang ketat dari pengawas dan juga kesadaran yang sangat minim dari peserta ujian.
Ujian apapun itu namanya sebetulnya adalah juga merupakan ujian kejujuran. Sadarkah kita ketika kita menjalani ujian,  kejujuran kita sedang diuji. Fitrah manusia jika kita sadari sebenarnya adalah cenderung kepada nilai-nilai kebaikan. Untuk itulah makanya dikala ada niatan untuk berlaku tidak jujur saat ujian ada saja perasaan was-was muncul dihati kita. Sungguh tidak sadarkah kita kalau setiap gerak langkah kita sebenarnya juga selalu iawasi oleh pencipta kita. Kita kebanyakan justru hanya takut kepada pengawasan manusia yang sangat terbatas.
Semoga ini bisa menjadi refleksi bagi kita bersama, sebagai peserta ujian mari kita sadar untuk mampu jujur terhadap kemampuan kita, jika merasa kurang mampu dan maksimal berarti kita harus belajar lebih giat dan ulet . Sebagai pengejar, guru ataupun pengawas kita harus juga bisa menghargai proses karena kita ada juga ada rangkaian proses yang harus kita lewati. Maka jika peserta didik kurang mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan maka hargailah proses yang telah dijalaninya saat pembelajaran berlangsung.
Semoga ini dapat bermanfaat

No comments:

Post a Comment